oleh

Ganjil Genap, Kendaraan Mengarah ke Puncak Padat

Uji coba pemberlakuan ganjil genap pekan ketiga, kendaraan mengarah ke Puncak padat sejak Sabtu (18/9/2021) pagi.

Dilansir Beritasatu.com di lapangan, arus kendaraan menuju kawasan Puncak padat. Pengendara hanya bisa memacu kendaraan dengan kecepatan di bawah 40 kilometer per jam.

Tampak di beberapa titik, terjadi antrean kendaraan. Khususnya, antrean kendaraan mengular sekitar 2 kilometer menjelang check point pemeriksaan di Simpang Gadog.

Selepas Gadog, kendaraan relatif masih ramai dan pengendara akan menemukan kembali antrean panjang kendaraan di Simpang Megamendung dan Pasar Cisarua.

Sebaliknya, kendaraan mengarah Bogor/Jakarta dari Cianjur/Puncak tampak lancar. Tidak tampak antrean kendaraan di titik-titik kemacetan.

Baca Juga  BMKG Prediksi Hari Ini Wilayah DKI Jakarta Akan Diguyur Hujan Ringan Hingga Sedang

Sebelumnya, Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, jajaran Polres Bogor menerapkan skema baru untuk uji coba pekan ketiga ganjil genap di kawasan Puncak Kabupaten Bogor pada pekan ini.

Menurut Kapolres, selain akses utama keluar Tol Jagorawi lalu keluar Simpang Gadog, dua rute tambahan yakni pintu Tol Sentul Selatan dengan akses Jalan Bukit Pelangi dan pintu Tol Sumarecon dengan akses Jalan Cibanon.

Pihaknya akan memasang papan pemberitahuan di tiga pintu keluar Tol Jagorawi tersebut. Sehingga masyarakat yang hendak mengakses Jalur Puncak tidak hanya terkonsentrasi di Gadog.

Baca Juga  Tidak Berpotensi Tsunami, Gempa di Maluku Tenggara 5,5 SR

“Nantinya di titik-titik itu juga akan kami lakukan pemeriksaan ganjil genap untuk menekan potensi volume kendaraan,” ujarnya, Jumat (17/9/2021).

Harun menambahkan, perpanjangan uji coba ganjil genap itu dilakukan demi mengurangi kepadatan arus lalulintas di kawasan Puncak Kabupaten Bogor, sambil menunggu peraturan baku yang saat ini tengah dibahas Kementerian Perhubungan.

Status Jalan Raya Puncak yang berstatus jalan nasional, mengharuskan Pemkab Bogor mesti menunggu aturan dari pemerintah pusat yang akan diberlakukan di kawasan Puncak Kabupaten Bogor.

Baca Juga  Perkumpulan Urang Banten (PUB) Rancang Lembaga Masyarakat Adat Banten

Selain kebijakan dua rute tadi, uji coba pemberlakuan sistem ganjil genap pada akhir pekan ini sama seperti uji coba dua pekan sebelumnya, yakni mulai Jumat siang hingga Minggu tengah malam.

Jumlah lokasi pemeriksaannya pun masih sama delapan titik. Yaitu Simpang Pasir Angin, pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan, dan dua lokasi di Kawasan Sentul. (*/cr2)

Sumber: beritasatu.com

News Feed