oleh

Menteri ESDM Resmikan Serentak 17 Lembaga Penyalur BBM Satu Harga di seluruh Indonesia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meresmikan secara serentak 17 lembaga penyalur BBM Satu Harga di seluruh Indonesia. Peresmian dipusatkan di Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTT), Kamis (16/9). Dengan peresmian ini, capaian BBM Satu Harga Tahun 2021 yang sudah beroperasi sebanyak 44 penyalur dari target 76 penyalur.

“Sekali lagi saya sampaikan bahwa melalui kebijakan BBM Satu Harga ini diharapkan daerah 3T di luar Jawa dapat menikmati BBM yang harganya sama dengan di Pulau Jawa sehingga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat terwujud serta memberikan peningkatan terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah,” kata Arifin yang disaksikan secara virtual di Jakarta, Kamis (16/9).

Baca Juga  Polres Langkat Mengamankan Kakek Melakukan Persetubuhan Terhadap Anak Di Bawah Umur

Ke-17 titik yang diresmikan serentak pada hari ini berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Musi Banyuasin, Seruyan, Malinau, Sintang, Ketapang, Bengkayang, Landak, Melawai, Boven Digoel, Merauke, Siangkil, Lamandau, dan Tambrauw. Selain di Lombok Tengah, peresmian melalui koneferensi video dilakukan di tiga lokasi yakni Kabupaten Musi Banyuasin, Landak, dan Bengkayang.

Kementerian ESDM melalui Badan Usaha Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap pelaksanaan penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak dan pengangkutan gas bumi di seluruh wilayah Indonesia. BPH Migas berkomitmen akan terus menggenjot penyaluran BBM Satu Harga sehingga tercapai 583 penyalur BBM pada tahun 2024.

Baca Juga  Kapolres Depok Kombes Himbau Ledakan Margo City Bukan Bom Akan Tetapi Suara Keras Akibat Lift Barang Jatuh

“BPH Migas sejak tahun 2017 konsisten mengawal pembangunan penyalur BBM Satu Harga. Sampai tahun 2020 capaian program BBM satu harga sebanyak 253 penyalur, sedangkan tahun 2021 adalah 76 penyalur, yang sudah beroperasi 44 penyalur atau sekitar 58%,” jelas Kepala BPH Migas Erika Retnowati.

Erika menjelaskan bahwa tidak hanya upaya pemerintah yang menggenjot pembangunan ini, juga PT Pertamina (Persero) sebagai badan usaha penerima penugasan untuk dapat mengakselerasi pelaksanaan pembangunan penyalur sehingga target tahun 2021 dapat tercapai.

Baca Juga  Sarana Sanitasi MCK Untuk Warga Kota Serang

Sebagai informasi untuk wilayah NTT lokasi pembangunan penyalur program BBM Satu Harga periode 2017-2024 sebanyak 35 lokasi. Adapun jumlah penyalur BBM Satu Harga yang sudah beroperasi di NTT sampai dengan saat ini adalah 20. (*/cr2)

Sumber: beritasatu.com

News Feed